STAI NURUL FALAH AIRMOLEK

:
Terwujudnya Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nurul Falah Airmolek yang Unggul, Kompetitif dan Profesional

Seminar Proposal Skripsi

Posted by Situs STAI Nurulfalah Airmolek on 2/26/2020 11:32:00 PM




Skripsi!!!, Mendengar kat skripsi banyak mahasiswa menjadi lemah semangat, duh skripsi nih.! Menjelang akhir kuliah justru banyak yang tiba-tiba down dan malas untuk melakukan progress ke tahap selanjutnya. Bahkan tak sedikit yang mengulur waktu hingga jauh ketinggalan,  hingga teman dan adik tingkat sudah memamerkan foto wisudanya,namun dia masih  berkutat memikirkan judul. Seharus ketika akhir masa kuliah, harus lebih semangat, bagaimana agar cepat  menyelesaikan kuliah tepat waktu, bisa melamar kerja, bisa membanggakan hati orang tua.

Untuk memudahkan pembuatan skripsi sebaiknya ikuti  step by step dengan ringan dan bahagia bahwa semuanya akan berjalan baik, optimis itu penting. Pembuatan skripsi di mulai  dari tahap seminar proposal. Ada baiknya ketika kakak tingkat seminar proposal atau ada jadwal seminar proposal kapanpun ,  ikut hadir menyimak , mencatat apa-apa saja yang urgen dalam pembuatan skripsi atau hal-hal apa saja yang perlu disiapkan untuk seminar proposal, jadi ketika waktunya mendapat giliran seminar proposaL tidak gagap lagi.

Sebagai mahasiswa harus aktif aktif informasi, jangan hanya menunggu dan serba tak tahu. Ka. Prodi tak tahu, nama Penasehat Akademik tidak hafal, jumlah sks lupa, hei! Kalian adalah mahasiswa  bukanl agi anak SD apa-apa diberi tahu segala hal harus disuapi. Persiapkanlah diri sejak awal, segala yang disampaikan bukan membuat semangat menjadi lemah, tetapi memecut semangat untuk giat dan menjadi yang terbaik.


  • Kenapa Seminar Proposal harus dilakukan sebelum penulisan skripsi dimulai? Mengetahui hal-hal penting yang melatar belakangi penulisan skripsi ,metode penelitian bagaimana, teori -teori yang dipakai dll. Seminar proposal terkadang juga ditakuti sebagian mahasiswa, padahal ini sangat membantu,mahasiswa mempresentasikan kepada penguji seminar jika ada kesalahan bisa diperbaiki sejak awal.
  • Sebagai sarana mahasiswa untuk mendapakan masukan  dari pembimbing , tentang judul yang diajukan, metode apa yang dilakukan, sehingga bisa melakukan perbaikan-perbaikan sebelum lanjut menulis skripsi.
  • Untuk mengetahui kesiapan mahasiswa tentang yang akan  ditelitu dan ditulis, dengan begitu akan mengurangi kesalahan dan kegagalan menulis skripsi.
  • Bermanfaat sebagai upaya dalam meningkatkan lulusan mahasiswa yang berkualitas mumpuni, baik dari segi akademis maupun non- akademis. Sebagai contoh, seminar Dalam presentasi harus sampaikan apa topik skripsinya, mengapa itu perlu dilakukan, metode/caranya bagaiamna, datanya dari mana, lalu hasilnya nanti apa? Gunanya apa?

Kapan bisa mulai mengajukan proposal? Sudah menyelesaikan Matakuliah Metode penelitian , karena ini Mata kuliah inti bagaimana menulis skripsi, metodenya hingga  sistematika penulisan skripsi. Namun umumnya banyak mahasiswa yang mengajukan seminar proposal setelah melaksanakan KKN.


Berikut Syarat  Ujian Seminar Proposal di STAI Nurul Falah Airmolek.

  1. Aktif Kuliah
  2. Sudah Menyelesaikan Matakuliah Metode Penelitian
  3.  Foto Copy Proposal yang telah di ACC Wakil Ketua sebanyak 3 rangkap dan di jilid rapi.
  4.  Bukti pembayaran SPP dari Semester 1-6
  5. KHS (Kartu Hasil Studi) Semester 1-6
  6.   KRS ( Kartu Rencana Studi) Semester 1-6
  7.  Foto Copy Kartu Mahasiswa
  8.  Membayar biaya pendaftaran
  9.  Mengisi Formulir Pendaftaran


Untuk pendaftaran Ujian Seminar Proposal  silakan hubungi bagian Puslitdimas STAI Nurulfalah Airmolek. Jangan lupa seluruh persyaratan dan berkas dimasukkan ke  dalam Map. 

Dari Semester satu mulailah untuk mengarsipkan dengan rapi hal-hal/berkas-berkas yang berkaitan dengan perkuliahan. KRS, KHS, Kartu Mahasiswa, bukti pembayaran SPPdll. Jika perlu foto copy beberapa lembar simpan dengan baik, sehingga sewaktu-waktudiperlukan mudah untuk mencarinya. Begitu pula dengan catatan kuliah atau makalah dan yang lainnya. Jangan merasa tidak digunakan lalu disimpan asal-asalan bahkan dibuang. Ilmu itu sangat berharga , kesuksesan itu diraih karena bisa mengahragai proses, waktu, dan segala yang telah diusahakan. Jika menyepelekannya maka itu artinya juga menyepelekan masa depan. Masa depan tergantung bagaimana kamu memulainya saat ini. Good Luck!




Stai Nurulfalah Airmolek
Updated: 2/26/2020 11:32:00 PM

JURNAL ONLINE AL-IHDA

JURNAL ONLINE  AL-IHDA
Al-IhdaAl-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and parenting.

VISI

Terwujudnya Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nurul Falah Airmolek yang Unggul, Kompetitif dan Profesional Pada Tahun 2025.”

,

MISI STAINF

1. Melaksanakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran berbasis teknologi.

2. Melaksanakan penelitian inovatif dan kreatif yang memiliki manfaat bagi pengembangan keilmuan dan kemaslahatan masyarakat.

3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang tepat guna dan tepat sasaran untuk membantu memecahkan masalah yang terjadi dalam masyarakat.

CB