STAI NURUL FALAH AIRMOLEK

:
Terwujudnya Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nurul Falah Airmolek yang Unggul, Kompetitif dan Profesional

MOTIVASI TERUNTUK MAHASISWA HEBAT KU

Posted by Situs STAI Nurulfalah Airmolek on 1/28/2021 12:09:00 PM



Dr. Mariatul Hikmah, MA
Ketua STAI Nurul Falah Airmolek


Enam tahun lalu saya  diterima  dalam program beasiswa 5000 doktor,  dari Kementerian Agama. Ada perasaan bahagia, haru dan bersyukur itu pasti, karena tak setiap orang bisa meraihnya  Saat itu saya dalam kondisi hamil anak ke dua , jika dipikir-pikir ,agak berat menjalaninya, tapi ini harus ku perjuangkan karena ini  adalah sebagian dari impian ku yang telah ku idamkan sejak lama. Selain itu  ada  impian lain, yaitu membesarkan nama kampus dimana saya mengabdi yaitu STAI Nurul Falah Airmolek. Bagaimanapun juga STAI Nurul Falah adalah tempat saya mulai  belajar dan mengajar  sebagai dosen, dan atas rekomendasi  STAI Nurul Falah juga, saya bisa meraih beasiswa  program 5000 doktor. Dengan dukungan keluarga, bismillah saya menjalani semua dengan tekad dan semangat.

 

Proses demi proses ku jalani dengan baik, walau tak sedikit pula kerikil-kerikil yang menyertai yang memperlambat gerak ku, baik dari urusan akademis, kehidupan berumah tangga, masalah anak dll. Tapi  semua itu layaknya universitas yang mendidik kita untuk menjadi lebih dewasa dan lebih bijak.

 

Saat ter berat bagi saya  adalah saat melahirkan anak belum waktunya. Kegiatan kampus yang banyak dan jadwal kuliah yang padat  tak membuat  semangatku menurun walaupun dalam kondisi hamil. Saya begitu bersemangat mengikuti perkuliahan dan tidak ingin ketinggalan. Akibat semua itu membuat fisik kelelahan, dokter kandungan sempat menyarankan saya untuk istirahat total, mengingat kondisi yang sedang hamil. Ya, anak saya  terlahir prematur dan berat kurang dari 2 kilogram, saat itu saya begitu khawatir dengan kondisinya. Tapi Alhamdulillah anak saya sehat  tanpa perlu perawatan khusus. Dan seminggu kemudian saya mengikuti perkuliahan kembali.

 

Saat Aisyah anak saya berusia 1 bulan. Saya kembali mengalami sakit karena kelelahan, tubuh saya sempat kuning, dan dokter kembali menyarankan saya untuk istirahat  beberapa minggu.  Tapi dasar saya yang begitu mencintai dunia kampus dan haus ilmu, walau saya dirumah hati dan alam pikiran selalu merasa ingin kembali lagi duduk menyimak setiap ilmu yang diberikan para Profesor-profesor hebat ku. Ya, saya begitu mencintai semua prosesnya berkumpul dengan teman-teman seperjuangan menganalisis, berdiskusi untuk mematangkan pola pikir, dll, adalah hal yang paling ku rindukan.

 

Bersama rekan-rekan saat wisuda Doktor

Waktu terus berjalan, tahap demi tahap saya lewati demi  mencapai impian, terlebih saat  menulis Disertasi, yang begitu banyak menguras waktu, tenaga dan pikiran.  Dimulai dari pengajuan judul, ujian kompre yang terdiri dari dua tahap yaitu secara lisan dan tulisan. Kemudian dilanjutkan dengan tahap seminar, seminar hasil, ujian tertutup, dan ujian terbuka. Semua di lalui, dan di nikmati lika likunya, pencarian kaedah keilmuan, dan temuan. Ini kelak yang akan di sampaikan pada seluruh mahasiswa  dan anak cucu nanti, untuk membuat mereka bersemangat menuntut ilmu. Bahwa semua butuh proses, segala sesuatu itu tidak ada yang instan, semangat tekad dan kesabaran adalah kunci semuanya.

Proses meraih gelar Doktor itu memang berat, tapi dalam mencapai impian itu ( apapun itu) butuh tekad yang kuat, berazam lah dalam hati bahwa itu bisa kita lalui. Dengan semangat yang luar biasa pastikan kita akan sampai pada tujuan.

Buya saya selalu berpesan , jika kaki sudah melangkah jangan dikenang lagi untuk kembali , walau layar berdetak patah  namun sebelum sampai jangan terhenti.  Nasehat syair ini yang selalu buya saya katakan. Alhamdulillah, saya sampai ke titik akhir pencapaian dengan segala  kelebihan dan kekurangan saya.

Teruntuk ananda para mahasiswa semua, belajarlah, berjuanglah selagi Allah berikan kesehatan dan kesempatan  untuk kita menuntut ilmu.  Saya selalu bilang, Ibu bangga pada kalian, kalian adalah mahasiswa yang potensial. Buktikan dengan sejarah bahwa STAI Nurul Falah Airmolek sebagai wadah menuntut ilmu yang membesarkan ananda semua. Lihatlah berapa banyak Alumni  STAI  Nurul Falah Airmolek yang sukses diluar sana. Untuk yang belum menjadi mahasiswa, kobarkan terus semangat juang mu untuk bisa kuliah di STAI Nurul Falah Airmolek. Jangan pernah menganggap diri kalian tidak layak kuliah, karena tak memiliki apa-apa, bahwasanya Allah akan mengantar rezeki dan pertolongan pada orang-orang yang mencari ilmu. Teruslah mengukir prestasi dan mengeksplorasi diri bersama kami di STAI Nurul Falah, kampus kebanggaan kita semua.

Buatlah  orang tua kalian bangga , rasa bahagia itu akan tiba saatnya  saat kuncir toga itu berpindah tempat dari kiri ke kanan. Bukti bahawa ananda semua  sudah mengikuti proses belajar,  proses berpikir progres, proses pendewasaan diri. Semua yang dirasa pahit akan manis pada akhirnya. Jayalah bersama STAI Nurul  Falah Airmolek.

( Dr. Mariatul Hikmah, MA)

 


Stai Nurulfalah Airmolek
Updated: 1/28/2021 12:09:00 PM

JURNAL ONLINE AL-IHDA

JURNAL ONLINE  AL-IHDA
Al-IhdaAl-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and parenting.

VISI

Terwujudnya Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nurul Falah Airmolek yang Unggul, Kompetitif dan Profesional Pada Tahun 2025.”

,

MISI STAINF

1. Melaksanakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran berbasis teknologi.

2. Melaksanakan penelitian inovatif dan kreatif yang memiliki manfaat bagi pengembangan keilmuan dan kemaslahatan masyarakat.

3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang tepat guna dan tepat sasaran untuk membantu memecahkan masalah yang terjadi dalam masyarakat.

CB